Selasa, 16 Mei 2017

Menstruasi Tidak Lancar Apa Penyebabnya


Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita. Siklus ini umumnya akan muncul tiap sekitar 4 minggu, dimulai sejak hari pertama menstruasi mulai hingga hari pertama menstruasi berikutnya tiba. Meski demikian, tidak semua wanita mengalami siklus yang sama. Siklus menstruasi terkadang bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dengan perbedaan yang berkisar antara 21 hingga 35 hari.

Hormon estrogen dalam tubuh wanita akan meningkat pada tiap siklus menstruasi untuk bersiap menghadapi kemungkinan terjadi kehamilan. Masa ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan menebal. Apabila tidak dibuahi, sel telur akan diserap tubuh dan dinding rahim yang sudah menebal akan luruh, kemudian mengalir keluar dari tubuh bercampur dengan darah. Proses keluarnya darah dari vagina inilah yang disebut haid atau datang bulan.

Menstruasi Tidak Lancar


Mestruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau kadang sedikit, juga menjadi dasar menstruasi tidak lancar.

Menstruasi yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama anda mulai menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur tersebut disebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Namun, jika mestruasi tidak lancar atau tidak teratur terjadi bukan di beberapa tahun pertama anda mengalami menstruasi, maka masalah menstruasi tersebut bisa tergolong ke dalam beberapa tipe menstruasi tidak teratur. Seperti metrorrhagia, oligomenorrhea, menometrorrhagia, dan amenorrhea.

Penyebab Mestruasi Tidak Lancar


Ada beberapa hal atau masalah yang di alami pada seorang wanita jika sedang haid. Penyebab menstruasi tidak lancar adalah:

  • Kram

    Semua orang pasti pernah mengalami kram, entah itu di kaki, tangan, atau di pinggang. Kram adalah suatu penyakit di mana saraf tubuh terasa tegang atau ketarik, yang nantinya akan membuat kaku dan menimbulkan sakit pada tubuh yang mengalami kram, lemas dan tidak bisa menggerakkannya. Kram dengan datang sendirinya, berikut juga dengan menghilangkannya, yang tiba tiba dapat hilang seketika. hal yang perlu di lakukan, agar kram ini tak dapat terjadi, yaitu dengan cara berolahraga dan memperbanyak air putih.
     
  • Endomentriosis

    Endometriosis adalah penyakit yang mengganggu pada bagian rahim. Dan penyakit ini sangat berbahaya sekali bila di alami dan tidak di obati dengan segera. Mengalmi penonjolan sampai kelar dari rahim. Penonjolan tersebut di katakan jaringan endometrium. Gejala yang di alami adalah mengalami rasa sakit yang teramat dalam pada saat menstruasi.
     
  • Fibroid

    Masih banyak yang belum mengetahui, fibroid itu apa. bagi yang tidak mengetahuinya akan kami jelaskan dengan penjabaran berikut ini. fibroid termasuk jenis penyakit yang berbahaya dengan menyearng rahim yang terdapat tumor tapi bersifat kanker. Tumor tersebut jinak namun, bisa mengakibatkan keguguran bagi wanita yang hamil, dan penyakit ini terjadi, khusus untuk perempuan saja.
     
  • Kadar Gula Darah Tinggi

    Penyakit pula adalah jenis penyakit yang menyerang pada kadar insulin yang lama kelamaan akan naik. Gula darah yang terjadi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Tapi Mayoritasnya adalah mengkonsums makan dan minuman yang memiliki rasa manis. Penyakit gula darah atau di sebut juga dengan kencing manis dan diabetes mempunyai efek berbahaya bila tidak di obati atau ditangani dengan cepat. Yaitu bisa mengakibatkan kaki bisa mengalami pengamputasian karena luka akibat diabetes. Mengobati penyakit gula lebih baiknya
    mempergunakan bahan alami saja, yaitu buah pare dengan rasa pahitnya.
     
  • Gorengan yang Terlalu Banyak dikonsumsi

    Makanan gorengan pada dasarnya memiliki rasa lezat dan enak bila di konsumsi. Tapi jangan terlalu sering di konsumsi karena bisa menimbulkan sesuatu hal yang tidak di inginkan terjadi. Dan banyak jenis penyakit yang di sebabkan oleh makan tersebut. Contohnya obesitas dan kolesterol. Kedua penyakit ini bisa memicu penyakit lainnya, seperti jantung dan stroke. Makannya berhati hatilah dalam mengkonsumsi makanan apapun.
     
  • Kafein

    Kafein adalah jenis minuman yang semua menyukainya dari mulai anak anak hingga dewasa. Minuman seperti ini, bisa kalian buat sendiri dengan menuangkan air hangat. Kafein ada yang mengandung manfaat dan tidak. di sini akan kami bahas secara satu persatu, di mulai dari kegunaan kopi untuk tubuh. Menghilangkan bau kaki, masker wajah dan mengobati asma itu sisi positif, bila kita meminum kopi. Sisi negatifnya bisa membuat penyaki insomnia, bau mulut dan mestruasi tidak lancar bisa juga karena kopi.

Cara Mengatasi Mestruasi tidak Lancar


Untuk Mengatasi menstruasi yang tidak lancar perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur.

  • Mengubah gaya hidup
  • Mengganti alat kontrosepsi
  • Melakukan pengobatan tiroid
  • Lakukan pengobatan snidrom ovarium polikistik, seperti pngobatan diabetes atau pengembalian tingkatan hormon. Selain itu, turunkan berat badan dengan cara sehat jika anda menderita sindrom ovarium polikistik dengan berat badan berlebih.
  • Melakukan konseling jika anda mengalami stres yang menyebabkan berat badan turun drastis.
  • Jika anda berencana memiliki momongan, cobalah hormon sintetik untuk memicu ovulasi kembali normal.

Mestruasi yang tidak lancar atau tidak teratur memang sangat mengganggu bagi wanita. Guna mengatasi masalah pada menstruasi anda, cobalah untuk mencari tahu penyebabnya. Umumnya menstruasi yang tidak teratur atau tidak lancar tidak memerlukan pengobatan medis. Jika anda mengalami pendarahan yang tidak bisa pada saat menstruasi hingga anda perlu mengganti pembalut tiap jam, menstruasi anda terjadi selama lebih dari 7 hari, dan anda mengalami flek atau pendarahan setelah melakukan hubungan intim, barulah segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.


Sekian dari penjelasan diatas semoga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih sudah berkunjung.!

Posted : Menstruasi Tidak Lancar Apa Penyebabnya

0 komentar:

Posting Komentar