Senin, 24 Oktober 2016

Selamat datang, di blog sederhana ini, sekedar mencari informasi yang ingin tau aja tentang beberapa dari penyakit dan cara mencegahnya. Untuk itu aku merangkum saja beberapa yang pentingnya saja, yang akan di tulis pada potingan ini tentang Perawatan Pencegahan Penyakit Osteoporosis dan Pengobatannya. Mari kita simak saja.!

Pengertian Penyakit Osteoporosis


Penderita Osteoporosis akan mengalami kepadatan tulang memburuk sehingga mengalami ruang kosong yang menjadikan tulang mudah rapuh. umumnya terjadi pada bagian tulang luar dan juga trabekular sehingga menjadi bagian yang rapuh dan tipis. Penderita osteopororsis memiliki tulang yang mudah patah sehingga ketika mengalami cedera sedikitpun akan berakibat fatal. Bahkan pada penderita osteoporosis yang parah, batuk yang keras akan mengalami patah pada bagian tualng belakang.

Lebih berbahaya lagi apabila penderita mengalami osteoporosis parah dikarenakan dapat berpotensi mengalami kelumpuhan. Sehingga penderita osteoporosis yang parah akan menyebabkan sakit yang parah, penderita osteoporosis akan mengalami penurunan mobilitas, berkurangnya fungsi paru-paru, susah tidur, mengalami patah tulang di bagian pergelangan tangan, tulang belakang dan pinggul dan mengalami kecacatan tulang belakang.

Dengan mengetahui penyakit osteoporosis yang berbahaya dan mengancam kesehatan anda, sebaiknya anda melakukan pencegahan segera mungkin. Hal ini disebabkan penyakit osteoporosis merupakan penyakit tanpa gejala yang spesifik sehingga kebanyakan penderitanya tidak menyadari sudah terkena penyakit osteoporosis.

Pencegahan Osteoporosis


Kekuatan tulang dan tingkat potensi risiko terhadap osteoporosis ditentukan oleh gen Anda. Namun faktor gaya hidup seperti pola makan dan olahraga juga dapat berdampak kepada seberapa sehat kualitas tulang Anda. Pencegahan osteoporosis akan memberikan Anda infomasi tentang olahraga-olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan.

Olahraga 2-3 jam tiap pekan

Penderita osteoporosis sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum melakukan olahraga untuk memastikan apakah aktivitas tersebut tetap untuk dilakukan. Setiap pekan, orang dewasa harus melakukan setidaknya sekitar 2-3 jam olahraga dengan intesitas menengah,seperti bersepeda atau jalan cepat. Peregangan otot hendaknya dilakukan paling tidak 2-3 hari dalam seminggu, termasuk pada bahu, lengan, pinggang, tungkai, punggung, perut, dan dada.

Melatih kaki dan lutut


Latihan menggunakan beban dalam berat yang tidak berlebihan sangat penting untuk meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Aktivitas menyangga beban adalah olahraga yang melatih kaki dan lutut Anda untuk menopang massa tubuh. Olahraga seperti lari, melompat, menari, dan aerobik bermanfaat menguatkan otot, ligamen, dan sendi. Orang yang berusia di atas 60 tahun juga dapat memperkuat tulang mereka dengan olahraga, seperti jalan cepat atau bermain badminton berdurasi pendek. Saat berolahraga, gunakan sepatu yang mampu meminimalkan risiko cedera pada pergelangan kaki.

Latihan kekuatan tulang


Latihan ketahanan meliputi gerakan-gerakan seperti push-up, angkat berat, atau latihan angkat beban menggunakan peralatan di pusat kebugaran. Tarikan yang dilakukan otot tendon terhadap tulang dapat meningkatkan kekuatan tulang. Tanyakan cara penggunaan alat-alat tersebut kepada instruktur untuk menghindari cedera.

Menerapkan pola makan sehat


Jika gaya hidup atau pola makan membuat Anda kekurangan vitamin D, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin D. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium yang diperlukan untuk memperkuat tulang dan gigi. Vitamin D dapat ditemukan dalam kuning telur, susu kedelai, dan hati sapi.

Untuk orang dewasa, direkomendasikan untuk mengonsumsi 15 mikrogram vitamin D tiap hari.

Kalsium juga penting untuk menjaga kekuatan tulang. Kadar konsumsi minimal kalsium yang direkomendasikan tiap hari adalah 1000 miligram. Kalsium juga dapat ditemukan pada beberapa makanan, seperti tahu, tempe, kacang merah, dan ikan sardin.

Menjaga pola makan yang seimbang dapat menjauhkan Anda, tidak hanya dari risiko osteoporosis, namun juga penyakit jantung, diabetes, hingga berbagai jenis kanker.

Bersahabat dengan sinar matahari pagi


Paparan sinar matahari yang cukup dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Usahakan agar kulit terkena sinar matahari selama paling tidak 10 menit sebelum menggunakan tabir surya. Lakukan ini di pagi hari sebelum jam 9. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium di dalam tubuh. Proses tersebut membantu memperkuat gigi dan tulang yang pada akhirnya dapat mencegah osteoporosis.

Menghentikan kebiasaan buruk


Berhenti merokok dan membatasi konsumsi minuman beralkohol juga dapat melindungi Anda dari osteoporosis. Rekomendasi maksimal mengenai konsumsi alkohol oleh wanita adalah 2 kaleng bir dan oleh pria sebanyak 2,5 kaleng bir dengan kadar alkohol 4,7 persen.

Pengobatan Osteoporosis


Pencegahan dan pengobatan penyakit osteoporosis dilakukan dengan menghindari alkohol. Alkohol bisa menyebabkan gangguan metabolisme vitamin D dan juga penyerapan kalsium yang bisa meningkatkan terjadinya peningkatan penyakit osteoporosis.

Menghindari minuman yang bersoda bisa menghindari terjadinya osteoporosis, karena minuman ini bisa menyebabkan kepadatan mineral tulang sekitar 4% lebih rendah pada pinggul. Hal ini sudah dibuktikan melalui suatu penelitian yang pesertanya adalah wanita yang rajin dan rutin mengonsumsi minuman bersoda.

Ada juga pengobatan alami yang bermanfaat untuk tulang.

  1. Susu dan produk susu
    produk susu yang dimaksud adalah seperti keju, yoghurt, dan juga susu skim yang sangat baik dalam membantu mencegah terjadinya penyakit osteoprorosis.

  2. Kacang kacangan
    Untuk mencegah penyakit osteoporosis maka sebaiknya konsumsilah kacang-kacang mengandung kandungan kalsium, magnesium, mangan, dan juga fosfor didalamnya.
     
  3. Sayuran
    Kandungan yang ada di dalam sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan juga buah bit jika dikonsumsi secara teratur setiap hari maka bisa membantu menguatkan tulang secara alami.
     
  4. Ragi
    Ragi mengandung kandungan sebanyak 330-350 miligram kalsium dalam 100 gram berat keringnya.
     
  5. Kurma
    Kurma mengandung kalsium tinggi dan mengandung magnesium yang sangat baik untuk kesehatan tulang

Dalam penanganan penyakit osteoporosis didalam rumah yang bisa dilakukan adalah meningkatkan keamanan di dalam rumah yang merupakan salah satu bagian dari pencegahan penyakit yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah dengan menghindarkan si penderita dari barang-barang yang bisa mengganggu kebebasan mereka dalam melakukan aktivitas, misalnya adalah karpet, meja beroda dan lainnya, selain itu pemakaian dari pegangan pada tangga, pencahayaan yang cukup di dalam ruang aktivitas si pasien, dan menggunakan lampu malam saat sedang tidur, serta hal lainnya.!

Apakah Anda sedang mencari Obat Herbal kunjungi artikel dibawah ini.!

Sekian dan terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga anda. SALAM SEHAT SELALU.

Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar