Sabtu, 12 November 2016

Penyakit Rosacea - Penyebab Gejala dan Pengobatannya


Salamat datang di blog berbagi informasi tentang penyakit yang sedang anda alami. Kali ini saya akan membahas tentang Penyakit Rosacea - Penyebab Gejala dan Pengobatannya. Mungkin ada beberapa yang tentang penyakit ini dan pula ada yang belum tau. Jenis penyakit ini sangat berbeda dengan jerawat yang berlebihan, penyakit ini memiliki khas yaitu ruam memerah pada wajah. Simak saja artikel berikut ini.!

Penyakit Rosacea


Rosacea adalah kondisi kulit yang umum yang menyebabkan kemerahan dan pembuluh darah terlihat di wajah. hal ini dapat menghasilkan kecil, merah, benjolan berisi nanah. Tanda-tanda dan gejala dapat menyala selama minggu ke bulan dan kemudian mengurangi untuk sementara waktu. Rosacea bisa salah untuk jerawat, reaksi alergi atau masalah kulit lainnya.

Beberapa orang mengatakan bahwa memiliki rosacea membuat mereka merasa percaya diri di tempat kerja atau dalam situasi sosial. Jika rosacea menganggu atau semakin parah, berkonsultasi dengan dokter. Mendapatkan pengobatan dan membuat kulit anda terlihat dan merasa lebih baik. Dan mungkin menjaga rosacea anda dari semakin buruk.

Rosacea dapat terjadi pada siapa saja. Tapi paling sering mempengaruhi wanita paruh baya yang memiliki kulit yang adil. Meskipun tidak ada obat untuk rosacea, perawatan dapat mengontrol dan mengurangi tanda-tanda dan gejala.

Penyebab Rosacea


Penyebab di balik rosacea belum diketahui secara pasti. Jenis kelamin dan usia dinilai bisa meningkatkan risiko penyakit ini karena rosacea cenderung menyerang wanita berusia 30-50 tahun. Jika ada anggota keluarga anda yang mengidap rosacea, anda juga dipercaya memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya.

Sejumlah faktor dapat memicu atau memperburuk rosacea dengan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit anda. Beberapa faktor tersebut antara lain:
  • Minuman panas dan makanan pedas
  • Alkohol
  • Suhu ekstrim
  • Sinar matahari atau angin
  • Emosi
  • Olahraga
  • Kosmetik
  • Obat-obatan yang melebarkan pembuluh darah, termasuk beberapa obat tekanan darah.

Gejala Rosacea


Penyakit ini akan menyebabkan kulit kemerahan pada hidung, pipi, dagu, serta dahi. Gejala itu terkadang disertai dengan benjolan kecil padat, bintil air dan jerawat pada kulit yang memerah yang kemudian bisa bernanah.

Tanda dan Gejala Rosacea yaitu :
  • Kulit memerah : banyak penderita rosacea memiliki riwayat sering mengalami kemerahan pada kulit. Kemerahan dapat hilang dan timbul kembali, namun hal ini sering menjadi gejala awal rosacea.
  • Kemerahan yang berkelanjutan : Muka merah berkelanjutan atau terbakar matahari, dan tidak juga menghilang.
  • Ruam atau pustul : Benjolan atau jerawat merah ini sering Berkembang menjadi rosacea. Terkadang ruam terlihat seperti jerawat, tapi tidak memiliki kepala hitam. Atau, pasien dengan rosacea dapat merasakan sensasi seperti ditusuk-tusuk.
  • Penampakan pembuluh darah : Pembuluh kecil tampak jelas pada kulit.
  • Iritasi mata. Mata dapat teriritasi, berair atau merah tampak pada beberapa penderita rosacea. kondisi ini dinamakan mata rosacea, yang juga menyebabkan kista jerawat, kelopak mata yang merah dan bengkak. Jika kondisi serius tidak diterapi, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan kornea dan hilangnya penglihatan.
  • Rasa terbakar atau ditusuk-tusuk : gatal yang terasa seperti terbakar atau menusuk-nusuk pada wajah.
  • Kulit menebal : pada beberapa kasus rosacea, kulit dapat menebal dan membesar karena sel yang berlebihan. Kondisi ini biasanya terjadi pada hidung, menyebabkan hidung berbentuk tonjolan, yang disebut dengan hidung singa (rhinophyma).

Komplikasi Rosacea


Rosacea yang dibiarkan begitu saja tanpa diobati berpotensi menyebabkan dampak-dampak permanen. Beberapa di antaranya adalah:
  • Penebalan pada kulit wajah
  • Gangguan pada mata, seperti nyeri, fotobia (sensitif terhadap cahaya), penurunan daya penglihatan, dan bahkan kebutaan.
Selain komplikasi pada fisik sebagian besar pengidap rosacea juga akan mengalami dampak secara kejiwaan. Ini terjadi karena rosacea sangat memengaruhi penampilan pengidapnya.

Pengobatan Rosacea Rumahan


Berikut adalah gaya hidup dan pengoatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi rosacea :
  • Cuci muka anda 2 kali sehari dengan kain dan pembersih ringan
  • Ikuti anjuran dokter anda dalam pemakaian pembersih, tabir surya, dan obat-obatan. Terapi dini dapat mencegah komplikasi.
  • Catat aktivitas harian, makanan, dan barang pribadi yang dapat membuat munculnya penyakit untuk mengatahui penyebabnya. Misalnya, jika kulit teriritasi dan merah saat makan makanan pedas, artinya makanan pedas dapat memicu penyakit ini pada kulit anda.
  • Ganti pembersih atau lotion dengan yang lebih ringan yang tidak mengandung aroma, minyak, atau bau menyengat untuk meminimalisir iritasi kulit.
  • Hubungi dokter anda jika anda memiliki gejala pada mata atau kelopak mata :  atau jika terapi anda tidak efektif setelah 3-4 minggu.
Langkah pengobatan yang diberikan dokter umumnya berupa kombinasi obat-obatan dan ditentukan berdasarkan jenis gejala pasien. Jenis obat yang mungkin diresepkan adalah antibiotik berdosis rendah, obat oles, serta tabir surya. Jika mata pasien mengalami iritasi, obat tetes mata mungkin diberikan untuk meringankan gejala.


Terima Kasih semoga menjadi wawasan ilmu pengetahuan dan bermanfaat dan bisa membantu anda.

Posted : Penyakit Rosacea - Penyebab Gejala dan Pengobatannya

0 komentar:

Posting Komentar