Senin, 31 Oktober 2016

Ketahuilah Plantar Fasciitis dan Cara Penanganannya


Plantar Fasciitis adalah inflamasi yang terjadi pada plantar fascia. Plantar fascia merupakan sekelompok jaringan pada dan kuat (ligamen) yang berada di sepanjang telapak kaki dan menghubungkan tulang jari-jari kaki ke tulang tumit.

Inflamasi ini termasuk kondisi yang umum terjadi. Diperkirakan, sekitar 10 persen dari orang dewasa pernah mengalaminya, khususnya yang berusia 40 hingga 60 tahun. Wanita memiliki risiko dua kali lebih tinggi untuk mengalami kondisi ini.

Penyebab plantar fasciitis yaitu trauma pada otot kaki. Tekanan saat berjalan, berlari, dan berdiri lama dapat meregangkan dan melukai kaki yang dapat menyebabkan nyeri. Selain itu, menggunakan sepatu yang tidak sesuai dalam waktu lama juga dapat menyebabkan plantar fasciitis.

Terdapat beberapa hal yang diduga dapat mempengaruhi risiko seseorang untuk mengalami kondisi ini. Faktor-faktor pemicu tersebut meliputi:
  • Usia. Plantar fasciitis sering dialami oleh orang yang berusia 40 hingga 60 tahun.
  • Jenis aktivitas tertentu, yang membuat tekanan besar bagi tumit dan jaringan di sekitarnya. Seperti berlari dan berjalan jarak jauh, menari balet, atau aerobik.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi ini akan memberikan beban berlebih pada plantar fascia.
  • Profesi yang menuntut anda untuk terus berdiri, contohnya guru atau pekerja pabrik.
  • Ukuran atau jenis sepatu. Mengenakan sepatu dengan ukuran yang kurang pas atau tidak nyaman bisa memicu inflamasi ini.
Plantar fasciitis umumnya dapat didiagnosis melalui gejala utama, yaitu rasa sakit pada tumit. Kondisi kaki, riwayat kesehatan, serta aktivitas pasien juga akan ditanyakan untuk dijadikan pertimbangan dalam diagnosis.

Pengobatan Plantar Fasciitis


Sebagian besar pengidap plantar fasciitis menjalani masa penyembuhan yang cukup lama, yaitu sekitar beberapa bulan hingga satu tahun. Berikut ini adalah sejumlah langkah pengobatan yang umumnya dianjurkan oleh dokter.
  • Membiarkan kaki Anda beristirahat, misalnya menghindari olahraga lari.
  • Memilih sepatu yang pas dan empuk sehingga nyaman digunakan.
  • Jangan mengenakan sepatu yang sudah rusak, khususnya sepatu olahraga
  • Melakukan perangangan ringan pada tendon Achiles dan plantar fascia untuk menguragi rasa sakit.
  • Meredakan sakit. Langkah ini dapat dilakukan melalui konsumsi obat-obatan misalnya paracetamol atau ibu profen, atau menggunakan kompres dingin.
  • Beberapa jenis terapi, seperti terapi fisik atau penggunaan penyangga kaki serta alat bantu.
  • Suntikan steroid pada tendon
  • Extracorporeal shock wave therapy (ESWT), yaitu penggunaan gelombang suara untuk menangani plantar fasciitis kronis.
  • Operasi. Langkah ini merupakan pilihan terkahir dalam menangani plantar fasciitis.

Pencegahan Plantar Fasciitis


Plantar fasciitis termasuk penyakit yang bisa dicegah. Terutama jika Anda sudah pernah mengalaminya. Beberapa langkah pencegahan yang mungkin bisa membantu adalah:
  • Mengenakan sepatu yang memiliki alas empuk dan pas di kaki.
  • Segera ganti sepatu anda yang rusak, terutama sepatu olahraga.
  • Menurunkan berat badan bagi yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Lakukan pemanasan dan peregangan otot secara teratur, khususnya pada tendon Achiles dan plantar fascia sebelum berolahraga.

Olahraga untuk plantar fasciitis


Rasa sakit akibat plantar fasciitis bisa diredakan dengan melakukan olahraga yang dirancang untuk meregangkan otot betis dan plantar fascia seperti di bawah ini:

Bantuan Handuk


Sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari, lingkarkan handuk di sekitar kaki. Gunakan handuk untuk menarik jari-jari kaki ke arah tubuh, usahakan lutut tetap lurus. Ulangi tiga kali pada tiap kaki. Atau, letakkan handuk di lantai. Ambil handuk dengan jari-jari kaki dan tarik ke arah Anda. Jangan lupa untuk mengulangi gerakan ini pada kaki yang lain.

Bantuan Kursi


Duduklah di atas kursi. Tekuk lutut kaki yang nyeri agar Anda dapat memegang jari-jari kaki. Tarik jari-jari kaki ke dalam (ke arah Anda) sampai Anda bisa merasakan peregangan di plantar fascia. Tahan selama 20 detik dan ulangi selama 10 kali, lakukan latihan ini 3-5 kali sehari.

Bantuan dinding


Tempatkan kedua tangan sejajar bahu di dinding dengan satu kaki di depan kaki yang lain. Kaki yang terdepan harus berjajar sekitar 30cm dari dinding. Condongkan tubuh ke dinding (beban bertumpu pada tangan) dengan lutut kaki depan ditekuk dan kaki belakang diluruskan, sampai otot betis kaki belakang terasa kencang. Ulangi 10 kali sebelum berganti dengan kaki lainnya.

Ada pula gerakan lain, namun kali ini harus berdiri lebih dekat ke dinding. Caranya, tangan lurus menempel ke dinding sejajar bahu. Tempatkan satu kaki di depan yang kaki yang lain, tekuk kedua lutut pada saat yang bersamaan, dengan beban tumpuan pada kedua kaki. Jaga agar punggung tetap lurus, pandangan lurus ke depan, dan kedua tumit menyentuh tanah. Tahan selama 10 detik dan ulangi 10 kali sebelum berpindah ke kaki lain.

Bantuan kaleng minuman


Meringankan nyeri tumit juga dapat dilakukan dengan bantuan kaleng minuman dingin, botol, plastik dengan air beku es, atau penggilas adonan. Ketika melakukan olahraga ini, Anda bisa berdiri atau duduk. Caranya, letakkan kaki di atas kaleng lalu gulingkan ke belakang dan ke depan. Ulangi setidaknya dua kali sehari.

Bantuan tangga


Berdiri di anak tangga paling bawah sambil memegang gagang tangga dan menghadap anak tangga yang lebih tinggi. Usahakan kaki sedikit terpisah, dengan tumit menggantung dan bantalan telapak kaki pada anak tangga. Turunkan tumit sampai betis terasa kencang. Tahan posisi ini selama sekitar 40 detik, sebelum menaikkan tumit kembali ke posisi awal. Ulangi prosedur ini enam kali, dan lakukan setidaknya dua kali sehari.

Disarankan untuk melakukan olahraga di atas pada kedua kaki, walaupun hanya satu kaki yang terasa sakit. Mengapa? Karena selain menghilangkan rasa sakit pada tumit, keseimbangan dan stabilitas kaki pun akan meningkat. Namun sebelum melakukan olahraga di atas, mintalah pendapat dari dokter terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengistirahatkan kaki dengan menghentikan atau mengurangi aktivitas yang dapat menimbulkan plantar fasciitis. Jika tumit sakit, kompres dengan es.

Untuk peredaan dan penyembuhan membutuhkan obat herbal yang relatif aman, kunjungi beberapa artikel dibawah ini.!

Sekian dan terima kasih semoga membantu dan selamat mencobat dan semoga lekas sembuh.!

Posted By : Ketahuilah Plantar Fasciitis dan Cara Penangananya

0 komentar:

Posting Komentar