Sabtu, 14 Januari 2017

Selamat datang di Blog Artikel Perawatan Penyebab Penyakit, yang merupakan blog sederhana dalam membagikan info-info tentang penyakit. Postingan sekarang Kenapa Rambut Tumbuh Ke Dalam, dari beberapa sumber telah saya baca, akan saya postingkan berikut ini.!

Pengertian Rambut Tumbuh ke Dalam



Rambut tumbuh ke dalam adalah kondisi umum yang dihasilkan dari pencabut rambut seperti waxing. Ini yang paling umum pada pria kulit hitam yang mencukur rambut wajah. Tapi rambut yang tumbuh ke dalam bisa menyerang bisa saja dengan rambut keriting erat yang mencukur, tweezes atau lilin untuk menghilangkan rambut.

Bercukur membuat ujung rambut jadi tajam, terutama jika rambut dalam kondisi kering saat dicukur. Ketika mulai tumbuh kembali, rambut ini akan melengkung ke arah kulit dan menusuk masuk ke dalamnya (Extrafollicular penetration). Jika rambut dicukur sampai habis, rambut ini dapat tumbuh ke dalam kulit tanpa pernah tumbuh ke luar kulit. Kondisi ini disebut transfollicular penetration.

Selain dengan mencukur, rambut juga dapat tumbuh ke dalam akibat dicabut menggunakan pinset dan waxing. Mencukur sambil menarik atau meregangkan kulit dapat menyebabkan potongan rambut yang tertinggal kembali tertarik ke balik lapisan kulit dan tumbuh ke dalam lapisan kulit. Sementara mencabut rambut dengan pinset dapat meninggalkan sebagian rambut di bawah lapisan kulit.

Struktur dan arah tumbuh rambut juga memiliki peranan besar mengapa rambut kemudian tumbuh ke dalam. Folikel rambut yang melengkung menghasilkan rambut yang ikal ditambah ujung tajam akibat rambut yang baru dicukur bisa masuk kembali ke balik kulit begitu rambut tumbuh kembali. Inilah sebabnya pemilik rambut keriting atau ikal merupakan kelompok orang yang sering kali berisiko mengalami kondisi semacam ini.

Gejala Rumbuh Tumbuh ke Dalam


Rambut tumbuh ke dalam juga bisa dialami oleh laki-laki yang sering mencukur jenggot sehingga area pipi, dagu, leher bahkan kulit kepala menjadi area dengan rambut yang tumbuh ke dalam.

Tanda-tanda adanya rambut yang tumbuh ke dalam, yaitu:
  • Benjolan bulat kecil yang penuh atau padat yang dapat terlihat menyerupai jerawat.
  • Gatal atau sakit pada area yang mengalaminya
  • Warna kulit yang lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya akibat hiperpigmentasi.
  • Rambut yang tertanam
  • Luka kecil berisi nanah yang tampak menyerupai bisul (pustul)
Rambut yang tumbuh ke dalam umumnya bukan gejala kepada kondisi yang lebih serius, namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri kepada dokter, terutama jika anda mengalami kondisi ini sebagai akibat dari hirsutisme. Hirsutisme adalah pertumbuhan rambut secara berlebihan di area tertentu yang tidak seharusnya pada tubuh wanita.

Pengobatan Rambut Tumbuh ke Dalam


Rambut tumbuh ke dalam dapat sangat mengganggu terutama ketika rambut baru mulai tumbuh, namun selama kondisi ini ditangani dengan hati-hati maka akan membaik dengan sendirinya. Anda bisa mencoba untuk mengeluarkan rambut yang tumbuh ke dalam sendiri di rumah, namun lakukanlah dengan hati hati untuk menghindasi luka.

Cobalah mengikuti langkah langkah berikut ini.
  • Bersihkan area rambut tumbuh ke dalam dengan sikat gigi berujung lembut, lap, atau scrub. Lakukanlah dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Waktu yang disarankan adalah tiap sebelum mencukur atau waktu tidur.
  • Jarum yang steril juga dapat digunakan. Caranya, perlahan-lahan tusukkan jarum ke kulit dengan tujuan mengangkat ujung rambut yang tumbuh ke dalam.
  • Jangan memencet kulit dengan maksud mengeluarkan rambut dari kulit karena dapat merusak lapisan kulit dan memicu infeksi.

Kunjungi juga beberapa artikel tentang pengobatan herbal alami tanpa efek samping, berikut ini.!

Terima Kasih Sudah Berkunjung Semoga Membantu, Mohon Maaf Bila Ada Kekurangan Apapun.

Posted : Kenapa Rambut Tumbuh ke Dalam

0 komentar:

Posting Komentar